Selasa, 10 April 2012

Geologi dan Android OS

Trend open source OS Android telah merambah ke dunia kerja geologi. Dengan software aplikasi eGEO Compass menambah deretan software aplikasi berbasis OS Android yang menjadikan pekerjaan seorang geolog menjadi cepat, akurat dan efisien.

Era 1970 an kerja geologi dalam survey di bantu dengan peralatan palu, kompas geologi, kamera, dan buku catatan. Di era 1990 an kerja geolog di bantu dengan tambahan GPS sehingga record data hubungannya dengan posisi di bumi (geo tagg) semakin mudah dan akurat.

Nah di era 2000 an didalam lebih melakukan survey tidak saja dengan adanya smartphone yang menyatukan peran kamera dan buku catatan menjadi satu maka tahun 2009 sejak ditemukannya OS Android untuk smartphone maka kamera+buku catatan+GPS+kompas geologi menjadi satu kesatuan dengan adanya software aplikasi eGEO compass. eGEO Compass dapat digunakan untuk mendapatkan orientasi geologi permukaan seperti permukaan lapisan (bedding surface) atau bidang sesar (fault planes).

Didasarkan kepada sensor yang biasanya berada pada smartphone berbasis OS Android seperti antena, sensor gelombang magnet dan accelerometer. Berdasarkan perolehan data yang dinamis dari sensor tersebut dan setelah di hitung secara komputerasi maka akan didapatkan :  Dip Azhimut  Dip Angle  Koordinat lintang/bujur dalam sistem datum WGS 84.

Hebatnya lagi data tersebut dapat di tambahkan beberapa catatan penting sebagai pengingat, di plot ke sebuah map dan di tumpang tindihkan ke satelit google map serta bisa diekspor dalam format CSV sehingga data tersebut dapat dihapus atau dikoreksi.

Aplikasi eGEO Compass sendiri bukan saja hanya satu-satunya program aplikasi di OS Android yang dapat membantu geologi pada era sekarang ini, namun banyak juga program sejenis seperti GeoClino, Rocklogger, bahkan ada aplikasi seperti tentang waktu geologi seperti Geo time, bahkan jika di rangkaikan dengan survey geofisika maka biasa menggunakan metal detector.

Bahkan bagi geologi yang berprofesi sebagai inspeksur tambang dengan aplikasi smart tools untuk mengukur tingkat kebisingan, getaran dan kemiringan bench/teras tambang maka kerja inspeksi semakin mudah.

Untuk itu para geolog di Sultra silahkan untuk mencoba dan mengaplikasikan program aplikasi tersebut dalam rangka mendukung tugas pokok kita. Selamat menjadi geologi yang modern…demi kemajuan dan pembangunan daerah Sulawesi Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini